Pages

Selasa, 22 Februari 2011

Adryansyah Cara menggunakan Head Cleaner pada camcorder


Cara menggunakan Head Cleaner pada camcorder



Sama halnya dengan head tape recorder, head yang dimiliki oleh camcorder (kamera video yang menggunakan kaset mini DV) juga bisa mengalami gangguan dengan adanya kotoran yang menempel pada head. Kalo pada head tape recorder, untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan kapas yang diberi cairan pembersih kemudian tinggal mengelapkannya ke head dan beres sudah. Atau anda juga bisa menggunakan head cleaner yang disediakan oleh kaset biasa yang biasanya disediakan diujung masing-masing bagian (pita yang warnanya putih). Terus bagaimana cara membersihkan head pada camcorder (kamera shooting) ? Kita tidak bisa menggunakan teknik seperti yang diterapkan pada proses pembersihan head tape recorder. Terus bagaimana caranya ?

Karena Head pada camcorder lebih sensitif, maka cara membersihkannya juga harus hati-hati. Kita bisa membersihkan head camcorder dengan menggunakan Head Cleaner yang khusus disediakan untuk membersihkan head camcorder. Haed Cleaner Camcorder ini banyak dijual ditoko accessories fotografi. Harganya tidak terlalu mahal, rata-rata dibawah 50 ribu.
Kapan sebuah camcorder perlu dibersihkan headnya ? Tergantung pemakaian, kalo bisa Setelah menggunakan beberapa kaset miniDV untuk merekam, anda bisa melakukan claning head, atau jika gambar yang dihasilkan sudah mulai terganggu, seperti adanya/timbulnya garis-garis di hasil rekamannya, atau bahkan sebenarnya untuk camcorder jaman sekarang sudah bisa memunculkan pesan ketika head sudah dalam keadaan kotor dan  minta diclaening.
Cara menggunakan head cleaner pada camcorder cukup mudah. Masukan saja cleaner tersebut ketempat kaset seperti biasa, kemudian play selama maksimal 10 detik, (ingat maksimal 10 detik), karena kalo terlalu lama akan memperpendek umur head drum kamera. Selain itu kalo terlalu lama juga akan sangat memboroskan head cleaner tersebut, karena durasi dari claener tersebut hanya sekitar 5-10 menit saja.
Dan satu lagi yang perlu diperhatikan jangan me-rewind kembali head cleaner jika sudah habis (walaupun bisa) untuk meng-cleaning ulang head camcorder, karena justru akan membuat head jadi kotor, karena kotoran head yang sebelumnya sudah menempel pada head cleaner tersebut. Mending beli baru lagi aja, khan murah dari pada nanti malah head camcorder anda jadi rusak, he….
Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih
sumber:http://sobatpc.com/cara-menggunakan-head-cleaner-pada-camcorder/

0 komentar:

Posting Komentar